kewirusahaan SWOT



Kewirausahaan (Entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupanVisi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu] Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
1. Strength (kekuatan) : merupakan segala sesuatu yang menjadi keunggulan bagi produk kita yang belum tentu dimiliki pesaing barang yang sejenis dan tidak sejenis. Contoh keuntungan barang sejenis misalnya produk yang kita jual tawarkan adalah sabun,dan produk sejenis yang menjadi saingan adalah produk sabun yang berbeda Brand. Kita harus memiliki sesuatu yang berbeda dari pesaing kita agar apa yang dibutuhkan konsumen dapat terpenuh dari produk yang kita tawarkan ketimbang saingan kita. Contoh pesaing dari barang yang tidak sejenis adalah sabun colek. Barang ini berbeda karena dari penyajian barangnya berbeda walaupun fungsinya sama.
2. Weakness (kelemahan) : merupakan segala sesuatu yang menjadi titik lemah bagi produk yang kita tawarkan. Hal ini harus segera di minimalisir agar produk kita tidak gagal di dalam pemasaran produk baru. Karena konsumen dewasa ini sudah mulai selektif dan kritis dalam menanggapi produk baru yang baru ditawarkan ke pasaran. Pesaing dibedakan menjadi 2 jenis yaitu pesaing intertipe (tidak sejenis) dan intratipe (sejenis)
3. Opportunity (Peluang) : merupakan kesempatan yang di dapatkan ketika produk kita dipasarkan ke dunia usaha. Kesempatan dapat diperoleh dari permintaan konsumen atas barang yang belum ada di pasaran maupun sedikitnya pesaing kita yang dapat mengancam eksistensi produk kita. Peluang ini harus dimaksimalkan sedemikian mungkin agar kita dapat celah atau bagian di hati pelanggan,sehingga jika kita ingin meluncurkan produk baru dengan brand yang sama,kita tidak perlu sulit ketika halnya kita masuk ke dunia usaha dengan brand yang benar-benar baru dan belum dikenal orang.
4. Threat (Ancaman) : merupakan ancaman atas eksistensi/keberadaan produk yang kita tawarkan. Ancaman biasanya datang dari lingkungan eksternal usaha yaitu misalnya sulitnya kita masuk ke dalam pasar karena modal yang terbatas dan kita merupakan pendatang yang memiliki brand baru dan harus menghadapi awareness dari target konsumen yang kita ingin tuju.

Comments

Popular Posts